Postingan Kesehatan, Tips Kesehatan, solusi sehat, cara mengobati penyakit

Jangan Dilarang, Kebiasaan Bayi Masukkan Tangan ke Mulut Ada Manfaatnya

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan utama manusia, termasuk tentang Jangan Dilarang, Kebiasaan Bayi Masukkan Tangan ke Mulut Ada Manfaatnya yang merupakan bagian untuk menunjang kehidupan.

Jakarta, Umumnya orang tua sering memakaikan sarung tangan untuk bayinya. Padahal hal ini punya efek yang tak bagus lho untuk pertumbuhan bayi.

Sarung tangan bayi kerap digunakan dengan bermacam alasan seperti untuk melindungi bayi dari goresan kuku atau mencegah kebiasaan mengemut tangan.

dr Luh Wahyuni SpKFR(K) dari Departemen Rehabilitasi Medis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan padahal tindakan memasukan tangan ke mulut itu merupakan stimulus yang diperlukan sehingga tak perlu dicegah. Didalam rongga mulut terdapat banyak reseptor yang membantu anak belajar mengenali dunia.

"Dia belajar mengintegrasikan mata ke tangan. Dia belajar mengenal tubuhnya, jari-jarinya ada lima dan bentuknya seperti ini. Dia mengenali punya ujung mulut dan ujung kaki," kata dr Luh pada acara seminar kesehatan anak kerja sama antara Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) dengan Promina di Hotel Grand Sahid, Jakarta, dan ditulis pada Minggu (13/9/2015).

Baca juga: Apakah Bayi Anda Mendapat ASI Cukup? Ini Cara Mengetahuinya

Selain untuk belajar mengenali tubuhnya dengan memasukkan tangan ke mulut maka reflek muntah bayi akan ditekan. Efeknya dikatakan dr Luh bayi menjadi terbiasa ketika mengenal makanan padat dan tak akan dimuntahkan kembali.

"Tapi jangan berlebihan, kalau berlebihan berarti rangsangannya berlebih juga. Akibatnya dia bisa terfiksasi, maunya terus menerus untuk mendapatkan sensasi itu," tambah dr Tjhin Wiguna, SpKJ(K), dari RSCM yang hadir pada acara yang sama.

"Enggak lepas-lepas deh karena dia merasakan enak terus kan rangsangannya. Itu juga akan jadi problem," pungkasnya.

Baca juga: MPASI Untuk Anak, Haruskah Selalu yang Bikinan Sendiri?


(fds/vit)


Demikian info kesehatan tentang Jangan Dilarang, Kebiasaan Bayi Masukkan Tangan ke Mulut Ada Manfaatnya bermanfaat, jangan lupa untuk share dan bagikan ke orang-orang disekitar Anda.

Like This!!!

Komentar Pembaca