Postingan Kesehatan, Tips Kesehatan, solusi sehat, cara mengobati penyakit

[sehat] Digest Number 20125

15 New Messages

Digest #20125

Messages

Sat Jun 15, 2013 10:05 pm (PDT) . Posted by:

yully_2668


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sat Jun 15, 2013 10:12 pm (PDT) . Posted by:

Siang,

Tos bgt sama dsa nya mba astrid,
Tinja kita juga masih campur sama makanan yg tidak tercerna, terutama serat. Orang dewasa juga sering kok, makan kangkung keluar kangkung, wong manusia gak dikasih selulase sama Tuhan.
Selulase itu enzim yg mencerna selulosa (dinding sel tumbuhan).
Selulase ada pada hewan herbivora, misalnya sapi, kambing, kerbau, dll.

Makanan itu dicerna dari mulut dengan mekanik, dan kimiawi oleh asam lambung, sehingga serat2 itupun hancur,tetapi tetap tidak dicerna enzim. Manusia hanya punya enzim utk mencerna karbohidrat, protein dan lemak, itupun tdk 100 persen krn makanan akan berjalan sesuai gerakan usus, ad yg 'bertemu' dg enzim pencernaan, ada yang 'tidak bertemu' sehingga ttp menjadi ampas sampai usus besar.

Nah skrg jawab sendiri, kalau ad serat2 tumbuhan apakah jalan keluarnya enzim?
Malabsorbsi: bgmn ciri anak malabsorbsi? coba browsing dulu sebelum memberikan enzim. Anak2 yg kekurangan enzim itu gizinya buruk, perkembangannya juga ga normal. Contoh penyakitnya cystic fibrosis. Browsing deh

"Kata dokternya cuman suplemen"
Nah kalau 'cuman suplemen', pikir lagi deh, perlu apa nggak? Appropiate apa gak?

Tekstur:
Anjurannya demikian:
0-6 bln: cair (asi)
6-9 bln: semicair (bubur)
9-12 : semi solid (nasi tim)
D atas 12 bln: table food

Windhi

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sat Jun 15, 2013 10:36 pm (PDT) . Posted by:

"Levy" larme22


Hi dr Windhi,

Jadi belajar biologi lagi deh :) makasih penjelasannya. Uda clear sejelas2nya. Td ms bc artikel2 raw food, fibers dan ketemu 1 artikel dr mantan seorang guru biologi yg menjelaskan perbedaan enzim dan probiotik, jadi jawaban dr windhi benar2 tepat sasaran di saat masih research2 hehe..

Btw selagi research2 ktm jg artikel2 yg pro pemberian enzim dgn berbagai alasannya tapi saya sudah mantap utk tdk memberikan enzim dan yakin bahwa nutrisi yg didapat anak saya cukup.

Makasih banyak utk urun rembug semuanya di thread ini. Happy to be part of this community :)

Levy

Sat Jun 15, 2013 10:53 pm (PDT) . Posted by:

"TiQa" cutemoleh82

Oia, saat ini anaknya mengeluh pusing kepalanya. Omanya udh ribut minta cucunya dibawa k dokter. Tp saya msh cari2 info utk bahan saya konsultasi k dokter nanti. Mohon pencerahannya para Doc's n SP's yaa..
Makasih.

*maaf ga potek, biar nyambung ceritanya.

BR,

-TiQa-
MommYna Aurel n Asha

-----Original Message-----
From: "TiQa" <cutemoleh82@yahoo.com>
Sender: sehat@yahoogroups.com
Date: Sun, 16 Jun 2013 03:46:18
To: Milis Sehat yahoogroups<sehat@yahoogroups.com>
Reply-To: sehat@yahoogroups.com
Subject: [sehat] Demam naik-turun >72jam, hrskah cek lab?

Dear Doc's n SP's yg budiman..

Kenalkan saya TiQa (32th), ibu dr 2anak perempuan. Kali ini memberanikan diri utk bertanya langsung k milis, krn slama ini hanya silent reader.

Anakku Aurel (3y1m) sdh dr hr Rabu malam panas demam. Suhunya sbb:
- Rabu (pk.23.00) panas 38,3. Aq blm ksh parcet, hanya perbanyak minum air putih. Semalaman dia terbangun smpe 3x utk minum.
- Kamis (pk.10.00-16.00) suhu stabil di kisaran 36,5-37,3. Makan msh mau, walopun hanya setengah porsi biasanya. Minum jg mau (air putih+susu).
Kamis (pk.19.00) suhunya kembali naik mulai dr 38,1 smpe akhirnya pk.22.00 di 39,00. Langsung saya ksh parcet. Saya observasi trs demamnya stiap jam.
- Jumat (pk.09.00-19.00) suhu trn lg kisaran 36,0-36,3. Dan saya smpt bawa dia k RS utk mengantarkan adiknya yg 3m utk imunisasi, lalu k rmh ibu saya. (Makan-minum msh mau walo hanya sdkt)
Jumat (pk.21.00) suhunya naik lg di 38,2. Bahkan pk.00.30 suhunya sampe 40,5. Saya langsung ksh parcet dan skin to skin dgn bapaknya.
- Sabtu (pk.08.00) suhu berangsur trn smpe siangnya di 35,8. Tetapi mlm nya
Pk.22.00 suhu naik lg jd 38,3. Saya msh trs ksh minum yg byk, dan parcet tiap 5jam.
- Minggu (pk.09.00) suhu di 37,5 sarapan roti 1lembar+susu.

Kondisi Aurel msh ceria, bawel, dan semangat main. Tp terlihat lemas, lesu, agak pucet dan sensitif skali (manja jg).

Yg saya ingin tanyakan,
1. apa langkah yg hrs saya ambil selanjutnya? Krn demamnya tdk disertai batuk/pilek.
2.Apakah saya perlu ke dokter n cek darah utk mengetahui jumlah trombosit dan hematokrit nya? Krn demamnya naik-turun, dan tinggi pd mlm hr?

Maaf klo email saya kepanjangan, krn saya bnr2 bingung. Slama ini klo demam biasanya disertai batpil. Ini pertama kalinya anak saya demam naik-trn lama, tanpa ada tanda2 penyakit di blg nya.

Mohon pencerahannya ya Doc's n SP's..

Terimakasih sblm nya.

BR,

-TiQa-
MommYna Aurel n Asha

[Non-text portions of this message have been removed]

Sat Jun 15, 2013 11:17 pm (PDT) . Posted by:

Dear Tiqa

Thx for sharing and asking.
Meski tdk ada batuk pilek, bukan otomatis harus DB (apakah itu yg kamu khawatirkan shg mempertanyakan perlunya memeriksakan lab trombosit dll?).

Menilik gejalanya, menurut hemat saya, tidak cocok untuk DB.
Demamnya naik turun instead of sudden onset of high fever yg persistent.

Anaknya masih mau makan minum meski sedikit instead of mual hebat dan terkapar berat.

Anaknya usia 3 tahun isntead of anak SD.

Sakit kepala bukan monopoli DB, infeksi virus lain juga sakit kepala, pegel linu, lemas, gak nafsu makan.

Jadi, kalau boleh usul,
1. Observe saja dulu tanda2 kegawat daruratan

2. Fluid apapun itu, yg utama

3. Kita lihat besok
Jangan2 roseola

Wati
-patient's safety first-

Sat Jun 15, 2013 11:32 pm (PDT) . Posted by:

"TiQa" cutemoleh82

Makasih byk utk responnya bunda Wati..

Iya, memang yg saya takutkan adlh indikasi k arah DB. Krn panasnya yg tinggi hanya di mlm hari saja.

Kalo sdh pernah kena Roseola, apakah bs kena lg dok? Krn anak saya sdh pernah kena di usia 10bln. Dan itu hilang dgn sendirinya tanpa obat2an. Hanya parcet saja, dan waktu itu demamnya sempat mencapai 41,0.

Jika smpe besok tdk timbul ruam ato gejala yg lainnya, apakah tepat klo saya cek lab dok? Dan apa saja yg hrs saya cek utk mengetahui skt nya?

*maaf kalo bawel bunda Wati. Hehehe..

Terima kasih.

BR,

-TiQa-
MommYna Aurel n Asha

Sat Jun 15, 2013 11:57 pm (PDT) . Posted by:

Maaf
Sudah baca soal DB?
Memangnya kalau DB denmamnya malam hari?
Coba baca2 lagi
Email saya sebelumnya juga dibaca agi deh soal pola demam tsb

Wati
-patient's safety first-

Sun Jun 16, 2013 12:04 am (PDT) . Posted by:

"sisca" boecis_fh

halo..

salam kenal... bukan Bunda Wati, tp mau nimbrung..:)

Justru krn panas tingginya hanya malam hari (berarti kan naik turun), maka kemungkinannya bukan DB..
roseola bisa berulang, kalo penyebab virusnya berbeda jenis...
tapi kan belom tentu juga roseola..

Pemeriksaan lab adalah penunjang adh alat bantu. Idealnya ada diagnosis kerja dulu ya dari dokter..

tp semoga demamnya sudah reda ya...

mohon maaf bila kurang berkenan...

salam,
sisca

--- In sehat@yahoogroups.com, "TiQa" <cutemoleh82@...> wrote:
>
> Makasih byk utk responnya bunda Wati..
>
> Iya, memang yg saya takutkan adlh indikasi k arah DB. Krn panasnya yg tinggi hanya di mlm hari saja.
>
> Kalo sdh pernah kena Roseola, apakah bs kena lg dok? Krn anak saya sdh pernah kena di usia 10bln. Dan itu hilang dgn sendirinya tanpa obat2an. Hanya parcet saja, dan waktu itu demamnya sempat mencapai 41,0.
>
> Jika smpe besok tdk timbul ruam ato gejala yg lainnya, apakah tepat klo saya cek lab dok? Dan apa saja yg hrs saya cek utk mengetahui skt nya?
>
> *maaf kalo bawel bunda Wati. Hehehe..
>
> Terima kasih.
>
> BR,
>
> -TiQa-
> MommYna Aurel n Asha
>

Sat Jun 15, 2013 11:00 pm (PDT) . Posted by:

"Yoh" yoyoh_112

Terimakasih Panitia Pesat Cibubur, YOP....

td iseng BBM tmn yg lagi ikut seminar, dia bilang makasih bgt
udah didaftarin Pesat Cbbr.....gak nyesel deh....
Alhamdulillah....seneng bangat sy dengernya...

sy daftari 5 orng 4 org dr kantor...
semoga Pesat Cibubur 2, or Pesat Bogor, or Pesat daerah lainnya
terus berlanjut....Aamiin..

Salam,
yoyoh
yglgluarbiasaseneng

Sun Jun 16, 2013 1:16 am (PDT) . Posted by:

"ymusi" ymusi

Sama2 mbak yoyoh...
Seneng karena kursi terisi penuh.
Peserta antusias banget
Semoga bermanfaat buat temen2 yang tadi hadir ya

Panitia juga belajar banyak...
Doakan akan bisa membuat pesat cibubur selanjutnya ya

Salam hangat
Yasmin
A.n panitia pesat cibubur

Sent from Samsung Mobile

[Non-text portions of this message have been removed]

Sun Jun 16, 2013 12:18 am (PDT) . Posted by:

"sisca" boecis_fh

Dear Mba marina

sy cuma mau share aja... kalo sy jg ngalamin hal yg sama dgn mba Marina.. emang perlu usaha + kesabaran tingkat tinggi..

apalagi kalo dengan keluarga suami... wadoww... di depan mata saya sendiri, keponakan2 dari ipar2 saya itu minum 3 puyer macam2 dari para DSA-nya hanya gara2 batuk pilek..

bener2 berasa gagal total.

fiuhh..

Yg masih gagal dgn keluarga sendiri

sisca

--- In sehat@yahoogroups.com, Marina Sofyan <sofjan.marina@...> wrote:
>
> Dear SPs & docs,
>
> Saya mau cerita nih ttg susahnya menerapkan prinsip RUM di keluarga
> sendiri.
> Seisi rumah sukses tertular selesma. Mulai dari orang tua, adik, saya, anak
> saya yg baru berusia 6 bln, lalu suami.
> Orang tua dan adik minum obat, entah apa.
> Dua hari saya meriang. Saya minum air putih banyak2 dan berusaha cukup
> istirahat. Sekarang sudah jauh lebih baik. Anak saya badannya sempat
> hangat, hidung sedikit berair, besoknya sembuh hanya dengan ASI.
> Suami saya, yg dari dulu 'hobi' minum obat, meminta resep kpd kakak iparnya
> yg internis. Diberi Rhino SR dan Cefixime. Berbekal pengetahuan dari
> milis/web sehat dan dilanjutkan dgn browsing, saya meminta suami utk tidak
> melanjutkan penggunaan obat2an tsb.
> Dan jawaban yg saya dapat adalah: "Kamu ngomong aja sama xxx." (Xxx = kakak
> ipar). Saya menolak dikonfrontir seperti itu karena kakak ipar saya ini
> bisa dibilang dokter kepercayaan keluarga. Saya vs. Internis? Sudah pasti
> saya keok.
>
> Tapi saya tetap keras kepala utk menjelaskan bahwa selesma tidak memerlukan
> obat2an, plus sedikit keterangan ttg obat2an yg diminumnya:
> Rhino SR mengandung pseudoephedrine, yg di AS sudah ditarik dari pasaran
> karena ada hubungannya dgn kardiomiopati dan perdarahan otak. Cefixime
> digunakan utk menangani infeksi yg disebabkan oleh bakteri.
>
> Saya sekalian nanya deh :D
> 1. Apakah reaksi saya terlalu berlebihan?
> 2. Adakah obat yg aman dan cukup rasional utk meringankan gejala selesma?
> Utk org yg sibuk, kadang mendapatkan istirahat yg cukup agak sulit.
>
> Mohon pencerahannya.
>
> Salam,
>
> Marina
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

Sun Jun 16, 2013 12:33 am (PDT) . Posted by:

"citra.mulya88"


hai bunda rafa
kmrn saya pake iud pas lg blm dtg bln alhamdulillah ga sakit krn berusaha untuk rileks dan ga tegang :-)

Citra
Mommy Pradipta Aimar Ramadhan
-dipta yg lg belajar berdiri-

Sent from Samsung tablet

[Non-text portions of this message have been removed]

Sun Jun 16, 2013 1:28 am (PDT) . Posted by:

Asalamuallaikum,
Dear all..

Mau bertanya siapa tau ada dari rekan2 yg bisa memberi info..

Keponakan saya di diagnosa mengalami amandel yg sudah sampe ketenggorokan tengah.dan harus di oprasi,usia ponakan saya 6,5thn...
Yg ingin saya tanyakan:
1.Apa ada cara lain selain di oprasi..
2.Apa ada efek samping setelah oprasi..

Wassalam,
Trimakasih sebelumnya

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sun Jun 16, 2013 1:30 am (PDT) . Posted by:

"nina_ummi_amf" nina_ummi_amf

dear docs n sp

maaf jika oot,

sebenarnya aman atau tidak ya bagi ibu hamil memakai krim pelembab?? baik yang di jual bebas atau krim racikan dokter??

mohon infonya

regard
nina

GROUP FOOTER MESSAGE
Milis SEHAT mengucapkan terima kasih kepada HANSAPLAST selaku sponsor kegiatan PESAT Balikpapan (4-5 Mei 2013), PESAT SUA Bali (18-19 Mei 2013), dan PESAT SUA Bandung, Juni 2013.
Hansaplast, "Sembuh Lebih Cepat, Ceria Setiap Saat"

Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada HBTLaw dan PT.Intiland yang telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."

"Milis SEHAT didukung oleh : CBN Net Internet Access & Website.
=================================================================
Milis Sehat thanks to HANSAPLAST as sponsor for PESAT Balikpapan (May 4-5, 2013), PESAT SUA Bali (May 18-19, 2013), dan PESAT SUA Bandung in June 2013.
Hansaplast, "Sembuh Lebih Cepat, Ceria Setiap Saat"

Our biggest gratitude to HBTLaw and PT. Intiland, who have consistently sponsored our program, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."
"SEHAT mailing list is supported by CBN Net for Internet Access &Website.

Kunjungi kami di (Visit us at):
Official Web : http://milissehat.web.id/
FB           : http://www.facebook.com/pages/Milissehat/131922690207238
Twitter      : @milissehat <http://twitter.com/milissehat/>
==================================================================
Donasi (donation):
Rekening Yayasan Orang Tua Peduli
Bank Mandiri
Cabang Kemang Raya Jakarta
Account Number: 126.000.4634514
==================================================================

Like This!!!

Komentar Pembaca